Cara Mencuci Buah dan Sayuran yang Baik Sebelum Dikonsumsi

Cara Mencuci Buah dan Sayuran

Tahukah anda bagaimana sih cara mencuci buah dan sayuran yang baik sebelum dikonsumsi? Sayur dan buah – buahan yang kamu beli di pasar memang sebaiknya terlebih dahulu untuk dicuci sebelum kemudian diolah dan dikonsmsi walaupun terlihat bersih, dan bahkan jika sudah dibungkus dengan plastik.

Tentunya sebagai konsumen kita tidak tahu berbagai macam bakteri apa saja yang terdapat pada permukaan sayur dan buah – buahan tersebut. Bukan saja makanan sehat yang mesti diperhatikan, cara mencucinya juga penting. Namun mencuci dengan buah dan sayur pun ada beberapa cara yang tepat.

Kapan harus mencuci dan membersihkannya?

Untuk buah dan sayur sebaiknya untuk bisa dicuci bersih sebelum kamu mulai mengolah dan mengkonsumsimnya secara langsung. apabila tidak langsung dikonsumsi, sebaiknya kamu bisa langsung menyimpannya atau jangan membiarkannya dicuci terlebih dahulu, karena hal ini akan dapat membuat makanan menjadi lembab dan bisa membuat makanan tersebut cepat menjadi busuk.

Yang harus dilakukan ketika mencuci buah dan sayur?

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun sampai bersih

Kamu bisa membasuh dan menggosok secara perlahan dengan menggunakan tangan kamu pada permukaan buah dan sayuran dibawah kran air yang mengalir. Dan yang perlu kamu perhatikan adalah jangan menggunakan sabun atau pun yang lainnya untuk mencuci buah dan sayuran ini, pasalnya hal ini akan dapat mempengaruhi rasa daripada buah dan sayuran tersebut. Lihat juga manfaat buah rasberry mencegah risiko alzheimer

Membuang daun yang terluar atau lapisan yang terluar yang membungkus sayuran seperti halnya kol, untuk sayuran sawi, kangkung dan berbagai macam sayuran lainnya yang berdaun kamu bisa merendamnya sebentar, hal ini dilakukan untuk membersihkan ulat, atau pun tanah yang masih menempel dan berbagai macam lainnya.

Rendam dengan menggunakan garam untuk mencuci sayuran brokoli, kol dan berbagai sayuran lainnya yang sudah dicuci pada bagian sela – selanya agar ulat dapat dibersihkan dengan baik.

Untuk membersihkan jamur, kamu hanya perlu menyikat denganhalus dengan menggunakan sikat gigi bekas. Jika kamu mencucinya dengan menggunakan air, hal ini justru akan dapat menyulitkan dalam menghilangkan kotoran dan jamur yang masih dapat menyerap di air, sehingga hal ini juga dapat merusak rasanya.

Membasuhnya kembali setiap kali kamu mencuci buah maupun sayuran jika menggunakan wadah, tidak menggunakan air yang mengalir.

Untuk langkah yang terakhir yang perlu kamu lakukan adalah memisahkan sayur dan buah – buahan yang sudah kamu cuci dengan yang belum kamu cuci. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan telanan yang akan kamu gunakan untuk memotong selalu bersih, tidak digunakan sebagai telenan untuk memotong daging, ikan dan sejenisnya yang dimungkinkan mengandung bakteri.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara mencuci buah dan sayur yang baik sebelum kamu mengkonsumsi maupun mengolahnya. Mengkonsumsi sayur dan buah yang bersih tentunya akan lebih sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *